Pengertian Rangkuman & Cara Merangkum yang baik

Pengertian Merangkum dan Cara Merangkum yang baik

Ardhanapedia - Rangkuman merupakan bentuk singkat dari teks fiksi maupun non fiksi. Selain itu, ringkasan berisi ide-ide pokok dari suatu wacana akan tetapi tetap memperhatikan unsur kronologi dan susunan dari ide-ide tersebut. Rangkuman membuat uraian yang panjang menjadi lebih singkat dan proposional. Rangkuman membuat pembaca lebih mudah menemukan ide-ide pokok dari sebuah teks.

Dengan demikian, merangkum berarti suatu kegiatan dimana kita memangkas uraian yang panjang dalam suatu teks menjadi lebih singkat, padat dan jelas tanpa mengabaikan sistematika kronologi dari teks tersebut. Berikut langkah-langkah membuat rangkuman :


1.Baca teks atau wacana asli

   Langkah pertama dalam membuat rangkumanya yaitu membaca. Dalam hal ini kita harus membaca teks asli yang akan kita rangkum terlebih dahulu. Tujuan dari langkah ini adalah untuk mendapatkan ide utama dan pokok-pokok bahasan yang ada dalam teks.
Selain itu, dengan membaca teks asli kita akan memahami ide-ide yang dibahas dalam wacana tersebut. Jika kita mengerti ide-ide yang dibahas dalam wacana asli maka rangkuman yang kita buat akan mudah di mengerti oleh orang yang akan membaca rangkuman kita.


2.Tentukan serta tulis ide-ide pokok teks asli

    Langkah kedua yaitu menentukan ide-ide pokok dari teks asli. Setelah kita membaca teks asli tentu kita mendapat intisari dari teks tersebut, setelah itu kita harus tentukan ide-ide mana yang kita ambil dan kemudian menulisnya dalam catatan kecil. Biasanya, ide-ide pokok diambil dari setiap sebuah wacana.
Dalam penulisan ide-ide pokok tersebut, sebaiknya menggunakan kata-kata kita sendiri sehingga lebih mudah dipahami karena kata-kata yang berada dalam teks asli biasanya lebih sulit, sehingga akan lebih baik jika kita menulisnya dengan kalimat yang lebih mudah dipahami.

3.Tulis rangkuman 

 Langkah selajutnya yaitu, tulis rangkuman. Setelah kita mendapatkan ide-ide pokok berdasarkan langkah kedua, maka kita dapat mulai menulis rangkuman. Seperti halnya langkah kedua, dalam menulis rangkuman kita sebaiknya juga menggunakan kata-kata baru tanpa mengabaikan isi yang asli.
Konten yang terdapat dalam rangkuman harus sama dengan teks asli, perbedaannya hanya lebih singkat dan lebih sederhana. Selain itu, urutannya juga perlu diperhatikan, dengan kata lain kita tidak boleh merubah isi, baik itu mengurangi atau menambah ide.


4.Baca ulang rangkuman yang telah kita buat

  Langkah terakhir yaitu, membaca ulang ringkasan kita. Setelah selesai menulis rangkuman, maka lebih baik jika kita membaca rangkuman kita kembali. Dengan hal ini kita bisa mengetahui apakah ada hal yang salah atau kurang tepat dalam penulisan kita. Perhatikan juga jika ada kesalahan penulisan, seperti ejaan dan tanda baca dalam rangkuman yang telah ditulis.

Itulah tadi pengertian rangkuman & langkah-langkah merangkum. Mudah bukan ? Jadi sekarang kalian sudah mengerti cara membuat rangkuman kan? Silakan terapkan cara ini saat kalian merangkum.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form