Pengertian Syaja'ah, Macam-Macam, Perilaku, dan Hikmah

Pengertian Syaja'ah, Macam-Macam, Perilaku, dan Hikmah

Ardhanapedia-Setiap muslim dianjurkan agar senantiasa berani membela kebenaran dan menghilangkan segala bentuk kebatilan. Sikap berani membela kebenaran merupakan sikap terpuji apabila dilandasi oleh pemahaman yang benar terhadap ajaran islam, kebenaran dan kebatilan harus bersumber dari wahyu Allah swt. Untuk itu, hendaknya kita mempelajari Al-Qur'an dan hadist Rasul agar dapat mengetahui yang benar dan yang salah.

Semangat membela kebenaran dapat kita lakukan kapan saja dan dimana saja. Hendaknya semboyan berani karena benar, takut karena salah mampu kita wujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Perlu kita tanamkan keyakinan dalam diri kita bahwa sesuatu yang benar akan menang dan membawa kebaikan, sedangkan sesuatu yang batil akan binasa dan membawa kerusakan bagi kehidupan kita.

Pengertian Syaja'ah

Syaja'ah berasal dari bahasa arab yang berarti keberanian. Berani ialah suatu sifat yang menjadikan seseorang bisa menghadapi kesulitan atau bahaya saat diperlukan. Berani terletak pada kemampuan mengendalikan diri dan matangnya pertimbangan, kemudian berbuat dengan perhitungan yang tepat. Orang yang berani ialah orang yang bertindak karena dorongan dalam dirinya yang tidak suka melihat kemungkaran. Artinya berani harus didasarkan pada kebenaran. Kebenaran menjadi pertimbangan untuk menilai apakah perbuatan seseorang dikatakan berani atau takut.

Macam-Macam Syaja'ah

Syaja'ah dibedakan menjadi dua yaitu syaja'ah harbiyah dan syaja'ah nafsiyah

1.Syaja'ah Harbiyah

Syaja'ah harbiyah adalah keberanian yang tampak secara fisik. misalnya, tentara yang berjuang di medan perang. Contoh syaja'ah harbiyah adalah perang di jalan Allah atau jihad fi sabilillah.

2.Syaja'ah Nafsiyah

Syaja'ah nafsiyah disebut juga dengan keberanian moral. Keberanian moral artinya keberanian membela kebenaran dan  menanggung penderitaan serta bahaya. Adapun yang termasuk syaja'ah nafsiyah adalah mengatakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Ia tidak takut terhadap ancaman dan celaan masyarakat sekitar.


Perilaku yang Mencerminkan Syaja'ah

Berikut ini, dijelaskan beberapa perilaku yang mencerminkan syaja'ah.
  1. Senantiasa Bersikap Tawakal
  2. Memiliki Tekad yang Kuat
  3. Tidak Mudah Putus Asa
  4. Tabah

Hikmah Berperilaku Syaja'ah

Sikap syaja'ah yang dibiasakan oleh seseorang muslim dalam kehidupan sehari-hari, akan memberikan hikmah yang dapat dirasakan oleh pelakunya. Diantara hikmah yang didapatka. sebagai berikut.
  1. Meningkatkan keimanan kepada Allah swt.
  2. Siap menghadapi segala keadaan yang menimpa.
  3. Rela berkorban dalam rangka ketaatan kepada Allah swt.
  4. Istiqomah dalam amar makruf nahi mungkar.
  5. Mampu mengedalikan emosi.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form