Saklar : Pengertian, Jenis dan Klasifikasi

Saklar : Pengertian, Jenis dan Klasifikasi

Ardhanapedia - Kali ini saya akan membahas mengenai saklar. Saya akan membahas pengertian, jenis, dan klasifikasi saklar. Simak penjelasan berikut secara seksama.

Pengertian Saklar

Saklar termasuk bahan jadi tinggal pasang. Saklar merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk memisahkan (memutuskan) dan menghubungkan arus listrik. Berdasarkan kegunaannya, saklar sangat banyak macam dan jenisnya, misalnya saklar penerangan, saklar tegangan tinggi, saklar instalasi tenaga, saklar elektronika dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa sewaktu memisahkan atau menghubungkan arus listrik, biasanya akan timbul busur api (fong) diantara kontak-kontaknya. Untuk mengatasi adanya fong, maka pada saklar biasanya dilengkapi dengan pegas yang dapat bekerja dalam waktu sangat cepat, sehingga kemungkinan timbulnya busur api dapat diperkecil.

Jenis Saklar

Pada umumnya saklar dibedakan menjadi 7 jenis, yaitu.

1. Saklar tunggal

Sesuai dengan namanya saklar ini berfungsi tunggal, artinya hanya dapat menyalakan dan memadamkan sebuah lampu. Pada saklar tunggal hanya terdapat dua titik hubung (terminal) yang menghubungkan penghantar fasa dan beban atau lampu.

2. Saklar kutub ganda

Saklar ini dilengkapi dengan empat titik hubung untuk menghubungkan penghantar fasa dan nol. Saklar ini memisahkan dan menghubungkan fasa dan nol sekaligus secara bersamaan sehingga memberi faktor keamanan bagi pemakai. Umumnya dapat ditemukan pada box sekering.

3. Saklar kutub tiga

Saklar ini memiliki enam titik hubung yang berfungsi menghubungkan fasa ke beban. Umumnya saklar ini digunakan untuk saluran tiga fasa.

4. Saklar kelompok

Saklar kelompok pemasangannya harus disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya memisahkan dan menghubungkan dua atau tiga lampu namun tersebut tidak dapat dinyalakan secara bersamaan.

5. Saklar seri atau deret

Saklar deret yaitu saklar yang dapat memisahkan dan menghubungkan sebuah lampu atau lebih secara bergantian atau bersama-sama. umumnya digunakan dalan ruang tamu, kamar tidur atau lampu gang. Saklar ini sudah sulit untuk dijumpai lagi. Kalaupun ada , bentuknya sudah lain yaitu dua saklar tunggal yang dikemas dalam satu kotak.

6. Saklar tukar

Saklar tukar biasa disebut saklar hotel karena saklar ini banyak dipergunakan di hotel-hotel. Namun saklar ini juga digunakan di rumah sakit untuk melayani gang dan gudang bawah tanah pada rumah tinggal.

Saklar ini hanya dapat memisahkan dan menghubungkan lampu atau kelompok lampu secara bergantian.

7. Saklar silang

Seandainya kita ingin melayani satu lampu atau lebih yang ada di dua tempat maka digunakan saklar silang.

Pada waktu memasang agar diingat bahwa penghubung pertama dan terakhir dhubungkan dengan penghubung.

Klasifikasi Saklar

Saklar dibedakan menjadi 2, yaitu. 

1. Berdasarkan pemasangannya,

a) Di Luar Tembok (On Bow)

Saklarnya terpasang di luar tembok menonjol. Biasanya digunakan pada tempat yang mudah basah seperti kamar mandi dan tempat cucu piring.

b) Di dalam tembok ( In Bow)

Saklarnya terpasang di dalam tembok menempel rapat.

2. Berdasarkan prinsip kerjanya,

a) Saklar putar

Dalam penggunaannya, saklar ini diputar untuk menghubungkan dan memisahkan rangkaian.

b) Saklar jungkit

Saklar ini paling banyak digunakan sekarang. Digemari karena bentuknya beraneka ragam dan dibuat dengan penampilan yang indah dan mungil. Selain itu penggunaannya mudah, dapat dipasang di luar dan di dalan tembok.

c) Saklar tarik

Umumnya digunakan dalam kamar tidur yang memerlukan cahaya terang saat belum tidur dan cahaya redup saat tidur. Cara penggunaannya, tali ditarik ke bawah sehingga saklar bekerja menyalakan dan memadamkan lampu secara otomatis.

d) Saklar tekan

Saklar ini disebut ini juga tombol tekan, karena saat digunakan ditekan. Misalnya pada bel rumah. 

e) Saklar tuas

Jenis saklar ini bentuknya berbeda dengan saklar yang lain. Bentuk penghubungnya menyerupai pisau baik tunggal maupun ganda. Umumnya digunakan pada instalasi tenaga. Sekarang saklar tuas kerjanya digerakkan berdasarkan sistem elektromagnetik.

Nah itulah penjelasan lengkap Saklar : Pengertian, Jenis dan Klasifikasi. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form