Istilah-Istilah Dalam Hukum Islam

Istilah-Istilah Dalam Hukum Islam
Ardhanapedia - Dalam islam banyak sekali istilah-istilah hukum. Sebagai seorang muslim anda seharusnya mengerti apa saja istilah-istilah dalam hukum islam. Apabila anda belum tahu istilah-istilah dalam hukum islam saya akan memberikan pengertian singkatnya. Adapun istilah-istilah dalam hukum islam sebagai berikut.

1.Pengertian Fardhu atau Rukun

Fardhu (disebut juga rukun) adalah semua perkara yang jika seseorang mengerjakannya, dia mendapatkan pahala dan jika meninggalkannya dia mendapatkan hukuman.

2.Pengertian Rukun Asli

Istilah ini dipakai di kalangan Ahnaf (madzhab hanafi) saja, yaitu rukun yang digugurkan secara sempurna ketika tidak mampu untuk melaksanakannya sehingga seseorang tidak dituntut untuk mengganti dengan perkara lain.

3.Pengertian Rukun Tambahan

Istilah ini juga dipakai di kalangan Ahnaf saja, yaitu rukun yang digugurkan dalam beberapa keadaan meskipun seseorang mampu mengerjakannya.

4.Pengertian Syarat

Syarat adalah perkara dimana keberadaan sesuatu bergantung kepadanya, namun tidak termasuk subtansi perkara tersebut.

5.Pengertian Wajib

Wajib merupakan fardhu atau rukun. Wajib itu lebih rendah daripada fardhu karena fardhu itu adalah perkara yang ditetapkan dengan dalil qath'i, sedangkan wajib itu adalah perkara yang ditetapkan dengan dalil yang masih samar. Wajib  disebut juga fardhu 'amali.

6.Pengertian Sunnah Muakkadah

Sunnah muakkadah adalah perkara yang syari'at, dikuatkan perintahnya, dibesarkan derajatnya dan diperlihatkan dalam jama'ah, tetapi tidak ada dalil yang menunjukkan kewajibannya. Orang yang mengerjakannya mendapatkan pahala, namun orang yang meninggalkannya tidak berdosa.

7.Pengertian Mandub atau Fadhilah

Mandub atau Fadhilah adalah perkara yang jika seseorang mengerjakannya, dia mendapatkan pahala dan jika meninggalkannya, dia tidak berdosa. Akan tetapi, pahala mandub atau fadhilah lebih kecil daripada pahala amalan sunnah.

8.Pengertian Makruh 

Makruh adalah perkara yang jika seseorang mengerjakannya tidak dihukum dan jika meninggalkannya diberi pahala.

9.Pengertian Makruh Tahrim

Makruh tahrim adalah makruh yang lebih dekat kepada haram. Orang yang meninggalkannya diberi pahala dan yang mengerjakannya diberi hukuman, tetapi hukumannya lebih ringan daripada hukuman orang yang mengerjakan perkara haram

10.Pengertian Makruh Tanzih

Makruh tanzih adalah meninggalkan salah satu sunnah ghairu muakkadah. Makruh tanzih adalah perkara yang jika seseorang mengerjakannya tidak dihukum dan jika meninggalkan diberi pahala ringan.

11.Pengertian Haram

Haram adalah perkara yang jika seseorang mengerjakannya diberi hukuman dan jika meninggalkan diberi pahala.

12.Pengertian Ada'

Ada' adalah melaksanakan kewajiban pada waktu yang telah ditentukan oleh syariat.

14.Pengertian Qadha'

Qadha' adalah melaksanakan kewajiban setelah berlalu waktu yang ditentukan oleh syari'at.


15.Pengertian Fardhu Kifayah

Fardhu kifayah adalah fardhu yabg tidak wajib atas masing-masing individu, tetapi jika sudah ada orang yang mengerjakannya dalam jumlah yang cukup, gugurlah kewajiban itu terhadap lainnya.

16.Pengertian Sunnah Kifayah

Sunnah kifayah adalah sunnah yang ditujukan kepada sekelompok orang yang jika telah dikerjakan oleh sebagian, sunnah itu gugur terhadap lainnya.

17.Pengertian Nawaqidh

Nawaqidh adalah jama' dari naqidh atau naqidhah, yaitu segala hal yang merusak dan membatalkan perbuatan.

Itulah penjelasan singkat tentang istilah-istilah dalam hukum islam. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form