7 Pantangan Yang Harus Dihindari Oleh Para Pengusaha Muslim

7 Pantangan Yang Harus Dihindari Oleh Para Pengusaha Muslim

Ardhanapedia-Setiap pengusaha muslim pasti menginginkan usahanya sukses, Akan tetapi masih banyak melakukan pantangan dalam berwirausaha. Sebagai pengusaha muslim anda harus apa saja pantangan itu. Perlu diketahui didalam berwirausaha ada beberapa patangan yang harus dihindari pengusaha muslim, yaitu :

1.Berbohong

Berbohong termasuk salah satu tanda orang munafik. Ironisnya, perilaku masyarakat modern sekarang justru penuh dengan kebohongan dan kemunafikan. Tidak adanya kesesuaian antara perkataan dan perbuatan. Jika anda ingin selalu ditolong Allah SWT, maka kita harus menghindari perbuatan ini. Jika anda berbohong, orang tidak mau berhubungan dengan kita karena sifat yang merugikan tersebut.

2.Tidak Menepati Janji

Manusia dalam hidup ini pasti terikat dengan pergaulan antarsesama manusia. Orang sering mengucapkan janji, baik janji kepada orang tua, anak, bawahan, teman dan rekan bisnis. Namun, kenyataannya banyak sekali manusia yang tidak menepati janji. Padahal janji tersebut nanti akan dimintai pertangggungjawabannya. Orang yang tidak menepati janji pasti memiliki kawan sedikit. Dan ia tidak biasa menjadi pemimpin karena kan selalu mencederai bawahannya.

3.Hubungan dengan Orang Tua Kurang Baik

Salah satu penyebab munculnya penderitaan dan kesulitan karena tidak adanya pertolongan dan ridha Allah SWT. Ridha Allah SWT salah satunya terletak pada ridha orang tua kepada anaknya. Hubungan tidak baik apalagi sampai menyebabkan kermukaan dan kesedihan bagi orang tua akan mendatangkan keburukan dalam hidup seseorang.

4.Menyakiti Orang sampai Menzalimi

Doa yang dipanjatkan oleh orang yang tersakiti sungguh dikabulkan oleh Allah SWT. Ketika anda mengambil hak orang lain dan menyia-nyiakannya, serta membuat orang lain menjadi kesusahan karena telah mengilangkan hak mereka adalah makna dari kezaliman. Contoh kezaliman dalam berwirausaha adalah jika anda sampai mengambil hak-hak orang lain untuk keuntungan pribadi seperti menggusur permukiman dan membuang limbah pabrik yang menyebabkan sakit atau kematian bagi orang lain. Bahkan, jika anda sampai tidak menggaji atau menunda pembayaran gaji karyawan, juga termasuk kepada perkara zalim. Jadi, jangan sampai kita berbuat zalim karena hal ini sangat merugikan orang lain dan memberikan kesempitan hidup dan balasan azab bagi pelakunya dari Allah SWT.

5.Pergi ke Paranormal atau Dukun

Problematika kehidupan yang sangat banyak menyebabkan orang hilang kesadaran dan mengambil tindakan yang menghalalkan segala cara. Salah satu tindakan tersebut adalah mempercayai praktik dukun. Orang- orang yang ke dukun menunjukkan bahwa ia tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan tidak percaya kepada Allah SWT. Orang seperti ini tidak akan mendapatkan pertolongan dan berkah dari Allah SWT dalam melakukan kegiatan apapun.

6.Tidak Amanah

Diantara bentuk ketakwaan seseorang hamba kepada Allah SWT adalah menjalankan dan menjaga amanah yang dipikulnya. Baik amanah yang berkaitan dengan kewajiban kepada Allah seperti shalat, membayar zakat, maupun yang berkaitan dengan kewajiban kepada sesama manusia. Dalam lingkungan kerja atau bisnis, menjaga amanah juga merupakan indikator profesionalitas. Karena sesungguhnya semuanya akan dimintai pertanggungjawaban di hapadan Allah nanti atas pelaksanaan amanah yang dipikulnya. Orang yang tidak amanah akan sulit mendapatkan kepercayaan orang lain. Kepercayaan itu mahal harganya, jika kita sampai kehilangan akan sulit mengembangkan diri dan usaha kita

7.Sering Mengeluh 

Mengeluh memang sudah menjadi kodrat manusia, tetapi kita harus bisa menyikapi hal tersebut secara tepat sehingga kita bisa menghindarkan diri dari hal tersebut. Sesekali mengeluh adalah hal yang wajar tapi jangan sampai menjadi kebiasaan. Karena kalau sudah menjadi kebiasaan akan menjadi karakter yang akhirnya membuat anda menjadi orang yang tidak bersyukur. Orang yang hanya mengeluh, memperlihatkan kurangnya rasa syukur kepada Allah SWT dan kurang bersabar. Sesungguhnya harus disadari bahwa kejadian yang menimpa ada adalah hasil akibat perbuatan anda sendiri.

Nah itulah 7 pantangan yang harus dihindari oleh para pengusaha muslim. Semoga bermanfaat.

2 Comments

Previous Post Next Post

Contact Form