5 Manfaat lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh Kamu

5 Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Ardhanapedia - Olahraga lari pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat lari pagi bisa kamu dapatkan bila kamu menjalaninya dengan rutin dan konsisten. Kamu cukup menyisihkan waktu 150 menit selama seminggu atau 30 menit sehari selama lima hari saja untuk melakukan olahraga lari pagi. Dengan begitu, kamu bisa dapat manfaat lari pagi yang sangat dahsyat.

Melakukan olahraga lari pagi memang terkadang membuat kamu malas untuk memulainya. Namun kamu memang harus melakukannya dengan tekad yang bulat dan keras agar manfaat lari pagi bisa kamu dapatkan.

Lari pagi, apalagi bila dilakukan secara rutin dan teratur sudah pasti memiliki banyak manfaat yang bisa kamu dapat. Berikut beberapa manfaat lari pagi yang mungkin saja belum kamu ketahui. Berikut lima diantaranya.


1. Berlari Buat Kamu Senang

Kalau kamu sedang merasa tidak senang, segera ganti pakaian kamu dan mulailah olahraga lari pagi. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal Medicine & Science in Sports & Exercise menemukan, olahraga lari pagi memiliki manfaat dalam meningkatkan mood seseorang saat dirinya terserang depresi.
Studi lanjutannya pun menemukan, manfaat lari pagi secara rutin mampu menyembuhkan depresi. Bukan hanya itu, kamu bisa menghilangkan rasa gelisah dengan olahraga lari. Dengan begitu, tidur malam pun akan lebih lelap dan kamu bisa lebih baik di hari berikutnya.


2. Lari Mengecilkan Perut dan Menurunkan Berat Badan

Lari pagi merupakan salah satu olahraga kardio yang memiliki manfaat dalam membakar banyak kalori. Selain itu, kalori pun tidak akan langsung berhenti terbakar setelah kamu selesai melakukannya. Singkatnya, tubuh kamu sendiri yang akan menjaga berat badan untuk tidak naik drastis jika kamu rutin berolahraga lari.
Kalau pun kamu mau menurunkan beran badan, ya berlarilah. Namun, ada baiknya kamu juga melakukan olahraga penguat otot untuk buat hasilnya lebih maksimal.

3.Bukan Melemahkan, Lari Malah Buat Lutut Lebih Kuat

Manfaat lari pagi selanjutnya adalah memfokuskan pada lutut. Masalah yang akan dirasakan saat manusia bertambah tua adalah tulang keropos dan sendi tidak lagi lentur. Namun, kamu bisa mencegahnya dengan rutin lari pagi di kala muda, karena akan terasa manfaatnya. Faktanya, alih-alih melemahkan lutut dan tulang, lari pagi justru bermanfaat menguatkan sendi lutut dan mencegah massa tulang berkurang.
Jadi, persepsinya harusnya diubah. Seseorang akhirnya punya tulang keropos karena tidak aktif berolahraga, bukan karena mereka rajin berolahraga. Olahraga lari selalu buat kamu sehat.


4. Berlari Buat Kamu Jauh dari Penyakit Kanker

Daftar dari manfaat lari pagi lainnya adalah mencegah penyakit kanker. Untuk kamu ketahui, kardio membuat kerja jantung semakin baik. Jantung jadi bisa memompa darah lebih baik dan buat oksigen mengalir ke seluruh tubuh. Lalu, semua sel-sel tubuh pun bisa melakukan tugasnya dengan baik. Kamu bisa terhindar dari penyakit mematikan, seperti jantung, obesitas, diabetes, dan tekanan darah tinggi.
Selain itu, studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menuliskan bahwa manfaat lari pagi juga menjauhkan seseorang dari penyakit kanket. Bahkan, saat kamu sudah terjangkit penyakit kanker pun, kamu bisa lebih meningkatkan hidup dengan berlari, pastinya dengan izin dokter.


5. Menambah Umur dan Buat Kamu Tetap Kuat

Saat kamu sudah lanjut usia pun, rutinitas olahraga lari apgi yang pernah kamu lakukan masih akan berguna apalagi kalau kamu masih cukup aktif bergerak. Sebuah studi menyebutkan, orang yang masih rutin berolahraga bisa menjauhkan dari mental terpuruk di masa senja. Selain itu, lari pun membantu sel-sel otak tetap sehat sehingga menjaga ingatan kamu di kala tua nanti.

Itu tadi 5 manfaat lari pagi yang bisa kamu dapatkan apabila kami teratur melakukannya. Jangan berlebihan, jangan juga sampai kurang. Segara dapat manfaat lari pagi untuk kesehatan tubuh kamu. Selamat mencoba!















1 Comments

Previous Post Next Post

Contact Form